Minuman dan Makanan Penghambat Tinggi Badan

Faktanya ada beberapa hal yang menjadi penghambat tinggi badan, salah satunya karena faktor makanan dan minuman.

Tinggi badan yang ideal dapat mempengaruhi rasa kepercayaan diri seseorang sehingga lebih mudah saat berinteraksi di lingkungannya.

Banyak upaya yang dilakukan oleh orang-orang untuk bisa menambah tinggi badan, tetapi tidak memperhatikan minuman dan makanan apa yang dikonsumsi.

Minuman dan Makanan Penghambat Tinggi Badan
Minuman dan Makanan Penghambat Tinggi Badan

Minuman dan Makanan Penghambat Tinggi Badan

Berikut minuman dan makanan penghambat tinggi badan yang harus dikurangi/ dihindari.

Minuman dan Makanan Mengandung Soda

Minuman dan Makanan Mengandung Soda
Minuman dan Makanan Mengandung Soda

Banyak yang tidak mengetahui bahwa minuman dan makanan bersoda menjadi salah satu minuman dan makanan penghambat tinggi badan seseorang. Di dalam soda terdapat kandungan atau senyawa asam fosfat yang mampu mengkikis tulang.

Asam fosfat juga menjadi salah satu agen yang membuat tulang menjadi rapuh yang tentunya akan menghambat pertumbuhan tulang.

Selain menghambat pertumbuhan tulang yang berdampak pada tinggi badan, masalah tulang lainnya dapat ditemukan jika terlalu banyak mengonsumsi minuman bersoda.

Salah satu minuman bersoda yang paling terkenal adalah coca-cola yang dapat menyebabkan kerusakan pada gigi, rapuh tulang, hingga osteoporosis jika di konsumsi secara terus-menerus.

Kami juga sudah bagikan rahasia sukses Cara Menambah Tinggi Badan untuk usia 18-35 tahun yang terbukti ampuh dan alami!

Makanan yang Mengandung Protein Hewani yang Tinggi

Makanan yang Mengandung Protein Hewani yang Tinggi
Makanan yang Mengandung Protein Hewani yang Tinggi

Protein merupakan salah satu senyawa yang dibutuhkan tubuh untuk memperlancar proses pemadatan massa tulang.

Akan tetapi asupan protein hewani yang berlebih dalam tubuh dapat menghasilkan senyawa sulfat yang mengakibatkan kalsium dalam tulang terpecah.

Sehingga kalsium dalam tulang mengalami penurunan. Hal ini tentunya dapat menghambat pertumbuhan tulang.

Makanan yang Memiliki Tingkat Kadar Garam yang Tinggi

Makanan penghambat tinggi badan lainnya ada pada makanan yang mengandung garam cukup tinggi seperti chips, jajanan ringan, dan lain-lain.

Garam memang dibutuhkan oleh tubuh manusia, akan tetapi asupan garam pada tubuh tidak boleh lebih dari 2300 mg natrium/ hari.

Garam  yang terlalu banyak di dalam tubuh dapat merusak kalsium.

Oleh karena itu batasi penggunaan garam dalam satu hari dan tidak melebihi ambang batas maksimum agar kalsium di dalam tulang tetap terjaga.

Apabila terlalu banyak garam di dalam tubuh, maka kalsium di dalam tulang akan mengalami kerusakan sehingga dapat menghambat proses pertumbuhan tinggi badan.

Makanan dan Minuman yang Mengandung Kafein

Makanan dan Minuman yang Mengandung Kafein
Makanan dan Minuman yang Mengandung Kafein

Kafein terdapat di dalam teh, kopi, dan cokelat. Ketiga jenis makanan dan minuman tersebut sangat digandrungi oleh banyak orang.

Akan tetapi makanan yang mengandung kafein jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menghambat pertumbuhan tinggi badan.

Kafein merupakan senyawa yang mampu mengurangi kepadatan tulang jika dikonsumsi tanpa adanya batasan.

Makanan Tinggi Serat

Makanan Tinggi Serat
Makanan Tinggi Serat

Makanan penghambat tinggi badan berikutnya yaitu makanan tinggi serat. Meski baik untuk menjaga proses pencernaan di dalam tubuh, tetapi kurang baik dalam menyokong pertumbuhan tinggi badan.

Sebab makanan yang mengandung serat cukup tinggi dapat menghambat penyerapan kalsium di dalam tulang. Meski begitu tidak ada larangan dalam mengonsumsi makanan yang tinggi serat, tetapi harus diperhatikan.

Sangat disarankan ketika mengonsumsi makanan tinggi serat  tidak dibarengi dengan makanan lain yang mengandung tinggi kalsium.

Hal ini bertujuan untuk mengoptimalkan masing-masing fungsi dari makanan yang dikonsumsi agar salah satu manfaat dari makanan tersebut tidak mengalami hambatan.

Setelah mengetahui makanan minuman yang dapat menghambat pertumbuhan tinggi badan, kita bisa bantu dengan cara meninggikan badan alami dan cepat loh. Terbukti lebih dari 100+ orang merasakan manfaatnya.

Makanan yang Mengandung Senyawa Phytates

Makanan yang Mengandung Senyawa Phytates - Jagung
Makanan yang Mengandung Senyawa Phytates – Jagung

Kandungan phytates terdapat dalam oat, jagung, kentang, dan gandum hitam. Phytates mampu mengikat kalsium di dalam usus.

Kalsium yang terperangkap di dalam usus tidak dapat menjalankan tugasnya sebagai pemicu pertumbuhan tinggi badan.

Meski begitu, jika makanan yang mengandung phytates dimasak sebelum dikonsumsi, kandungan penghambat kalsium tersebut dapat diminimalisir dengan baik.

Makanan Tinggi Oksalat

Bayam, Makanan Tinggi Oksalat
Bayam, Makanan Tinggi Oksalat

Makanan tinggi oksalat terdapat dalam sayur maupun buah yang memiliki kadar klorofil yang tinggi, contohnya bayam. Sama seperti phytates, oksalat juga dapat mengikat kalsium sehingga memperlambat proses penyerapan kalsium.

Meski begitu tidak perlu menghindari sayur yang memiliki kandungan oksalat dengan cara mengonsumsi makanan bervitamin c untuk membantu penyerapan kalsium dalam tulang.

Minuman Beralkohol

Minuman Beralkohol
Minuman Beralkohol

Minuman beralkohol nyatanya tidak baik bagi tubuh, meskipun sebagian orang menganggap penggunaan alkohol dalam jumlah tertentu secara teratur dapat menyehatkan tubuh.

Alkohol mampu menghambat proses pertumbuhan tinggi badan, sebab kandungan yang terdapat di dalam alkohol mampu menghalangi penyerapan kalsium dalam tulang. Penggunaan alkohol secara berlebih juga dapat menyebabkan kerapuhan pada tulang.

Melakukan olahraga serta mengonsumsi suplemen dapat menambah tinggi badan jika dilakukan secara teratur dan tepat waktu.

Selain itu menjaga asupan gizi serta pola makan dengan menghindari atau mengurangi minuman dan makanan penghambat tinggi badan juga harus dilakukan. Hal ini bertujuan untuk mengoptimalkan pertumbuhan tinggi badan.

Tinggalkan komentar